Sabtu, 16 Desember 2017
Breaking News
Sabtu, 16 Desember 2017
p4

Keren, Rumah Adat Batak Diselimuti Salju

Horas, lama tak menulis lagi di taman bacaan halak batak ini, kali ini saya akan menulis tentang Rumah Adat Batak, mungkin bagi anda mendengar Rumah Adat Batak itu sudah biasa apalagi kalian yang tinggal di daerah Sumatera Utara dan sering touring ke arah Sumatera Tenggara pasti sering melihatnya bukan?

Namun kali ini saya kan memberikan informasi unik nih tentang Rumah Adat Halak Batak ini, dari sebuah tulisan di National Geographic saya mendapati informasi bahwa ternyata ada sebuah rumah adat Batak di benua Eropa, tepatnya di Werpeloh, Jerman.

Iklan

Di Indonesia nama rumah adat Batak itu sering disebut dengan Rumah Bolon tetapi rumah adat Batak yang ada di Jerman ini namanya Batakhaus. Unik bukan?

Jika dipandang dari fotonya rumah bolon atau Batakhaus itu hampir sama persis dengan rumah bolon yang ada di tanah Batak atau Bona Pasogit. Mulai dari ornamen dan bentuknya yang khas yaitu rumah panggung. Atapnya terbuat dari ijuk dan beberapa bahanya merupakan bahan yang diolah di Jerman bukan dibawa dari Tanah Batak.

Dan dari penelusuran penulis ternyata Batakhaus ini saat ini sudah berusia 39 tahun, dan dibuat oleh Pastor Matthaus Bergmann dari Werpeloh, wah… Uniknya lagi rumah adat batak ini atau Batakhaus ini tidak ditempati oleh pembuatnya, namun dijadikan sebagai museum oleh Pemerintah Jerman dan sebagai destinasi wisata.

Setiap pengunjung yang datang juga disuguhkan video singkat mengenai wisata Danau Toba dan asal asul Rumah Batak. Menurut rencana pada tahun 2018 akan ada event khusus untuk merayakan ulang tahun yang ke 40 untuk Batakhaus ini serta akan ada penyelenggaraan pentas budaya Batak, keren ya.. Orang bule saja menghargai budaya kita.

 

 

Penulis : H. Nainggolan
Editor : J. Simanjuntak
Refrensi : NatGeo

Beri Tanggapan Anda

Baca juga

Tudu-tudu Ni Sipanganon pada Adat Batak

Populer Hari Ini