Sabtu, 16 Desember 2017
Breaking News
Sabtu, 16 Desember 2017
p4

Mandailing Bukan Batak

Mandailing Bukan Batak, sebuah frasa atau uangkapan yang mungkin sering menghiasi beranda dari sosial media teman-temin sekalian selama beberapa minggu belakangan ini.

Sebuah ungkapan yang aneh, bahkan sebuah petisi dibuat di Kota Pematang Siantar yang menginginkan Mandailing Bukan Batak, hal itu sah-sah saja dimana negara kita menganut demokrasi yang bebas berpendapat asal jangan kebablasan.

Iklan

Yang menjadi alasan mereka yang mengatakan Mandailing bukan Batak salah satunya adalah hal artefak yang diklaim bahwa kerajaan Mandailing sudah ada jauh sebelum Siraja Batak ada.

Saya juga tidak tahu pasti karena tidak ada bukti autentik, holan hata dope.

Mandailing bukan Batak, memang benar, sama seperti Karo bukan Batak, sebab Karo memang bukan Batak tetapi sub dari Batak, demikian jugalah Mandailing bukan Batak tetapi sub dari batak.

Toba bukan Batak tetapi Sub dari suku batak, jadi Batak itu ibarat induk dari suku-suku Toba, Simalungun, Pak-pak, Karo, Mandailing-Angkola.

Menurut saya, usaha beberapa orang yang ingin mendeklarasikan Mandailing Bukan Batak hanyalah ingin mencari sensasi dan ketenaran biar dikenal oleh orang lain.

 

Usaha seperti ini menurut saya hanyalah usaha yang konyol, yang ingin merubah sejarah dan merusak persatuan. Yakin bisa?

Sekali lagi memberikan pendapat sah-sah saja di negara kita, tetapi alangkah elok jika berdasar dan yang bersifat membangun. Bagi saya sendiri tidak ada untung ruginya jika Mandailing Bukan Batak.

Jika ada pembaca yang bisa membuktikan bahwa Mandailing Bukan Batak bisa anda kirimkan ke horas@batakpedia.com, sekian dan mauliate 😀

Penulis : B. Sirait
Editor : J. Simanjuntak
Refrensi :

Beri Tanggapan Anda

Baca juga

Horas Halak Hita (H3) Adakan Event Toba Cross Run (TCR) 2017

Pasir Putih Parbaba Makan Korban, Ripaldo Sembiring Tewas Tenggelam

Populer Hari Ini